CARA MEMBUAT NAVIGASI BREADCRUMB PADA SEBUAH BLOG

Dunia Blog 888Navigasi Breadcrumb pada dasarnya adalah berupa sebuah script CSS yang disusun sedemikian rupa sehingga mampu menjalankan fungsi navigasi blog yang kita miliki. Navigasi Breadcrumb ini sendiri semakin memiliki fungsi yang signifikan utamanya di dalam membantu mengarahkan robot mesin pencari atau pengunjung (visitor) blog dalam rangka menelusuri setiap sudut atau kontent (isi) blog kita. Sehingga dalam hal ini dapatlah disimpulkan bahwa navigasi Breadcrumb itu sendiri mampu menjalankan fungsi "guide" pada blog kita, yang pada dasarnya memudahkan mesin pencari saat melaksanakan proses indexing maupun crawling blog.

Seperti apakah bentuk navigasi Breadcrumb itu sendiri ? Silahkan anda periksa gambar di bawah ini  :

Dunia Blog 888

Navigasi Breadcrumb itu sendiri biasanya terletak di atas judul tiap-tiap postingan blog, yang secara berurutan menjelaskan perihal label postingan serta judul postingan blog. Pada gambar di atas, navigasi Breadcrumb tersebut tertulis : Home >> alexa >> ALEXA RANK FOR BLOG.

Menurut Jacob Nielsen, ditinjau dari sisi kegunaannya, navigasi Breadcrumb mempunyai beberapa fungsi diantaranya  :
  • Menunjukkan lokasi atau path dari halaman web/blog yang sekarang sedang dikunjungi, relatif terhadap struktur halaman di atasnya.
  • Menyediakan fitur one-click access ke level halaman web/blog di atasnya, sekaligus menghindari user (visitor) tersesat karena terlalu dalam menjelajahi suatu website/blog.
Navigasi Breadcrumb ini sangat bermanfaat bagi para visitor/pengunjung tatkala struktur website/blog yang kita bangun memiliki struktur hierarkhi atau tingkatan. Navigasi Breadcrumb ini sendiri dapat disusun secara horizontal, vertikal atau kombinasi di antara keduanya (jarang dipakai).

Pertanyaan yang muncul adalah : Pentingkah untuk membuat navigasi Breadcrumb ini pada blog kita ? Pemasangan navigasi Breadcrumb ini sepenuhnya bergantung kepada selera anda, tetapi untuk website/blog yang memiliki struktur hierarkhi yang panjang, hendaknya mempergunakan atau memasang navigasi ini di dalam blognya. Selain itu, navigasi Breadcrumb itu sendiri, baik langsung maupun tidak langsung, sedikit banyak ikut serta membantu upaya optimasi blog agar blog yang kita miliki menjadi lebih SEO Friendly.

Bagaimanakah cara membuatnya ? Untuk membuatnya, ada 2 cara, silahkan anda menuju ke ARTIKEL ini, atau ARTIKEL yang ini.

Demikianlah sedikit uraian perihal navigasi Breadcrumb ini, semoga membawa manfaat.

CARA MEMBUAT NAVIGASI BREADCRUMB PADA SEBUAH BLOG 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'CARA MEMBUAT NAVIGASI BREADCRUMB PADA SEBUAH BLOG' On ...

Ditulis oleh: Unknown -

4 komentar untuk "CARA MEMBUAT NAVIGASI BREADCRUMB PADA SEBUAH BLOG"

  1. Navigasi breadcrumb..., ternyata perlu juga yah sebagai navigator blog..... terima kasih.

    BalasHapus
  2. Saya sudah pasang navigasi breadcrumb ini dan telah terindeks Google. Salam.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar secara sopan, jangan melakukan spam pasti akan terhapus secara otomatis