TENTANG DAN SEPUTAR PENGERTIAN NICHE DAN NICHE BLOG

Dunia Blog 888Niche adalah suatu frase kata untuk topik atau subjek bahasan tertentu yang terpusat / terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu (popular). Dalam bahasa Indonesia niche diartikan sebagai “ceruk”. Wikipedia mendefinisikan niche sebagai ‘bagian dari sektor pasar yang terfokus dan dapat ditargetkan’. Ada beberapa konsep penting yang timbul dari definisi niche ini. “Kesehatan”, “Olahraga”, “Hewan”, “Berita”, adalah subjek dan bukanlah sebuah contoh pengertian niche karena masih merupakan topik bahasan umum. Sedangkan “Tips Kesehatan”, “Peralatan Golf”, “Teknik Memancing”, “Berternak Kelinci”, “Berita Politik”, merupakan contoh-contoh niche, karena lebih terfokus dan ada peminatnya.

Contohnya, bila kita mengetikkan kata “Kesehatan” di search engine, maka banyak sekali yang membahas tentang kesehatan. Namun apakah kita menemukan yang kita minati? Walaupun mungkin orang yang mengetikkan kata “kesehatan” mencapai jutaan tiap bulan, mereka pastinya akan mengulangi pencarian dengan mengubahnya menjadi lebih spesifik, misalnya “Kesehatan Bayi”. Frase spesifik ini salah satu contoh niche. Dari niche “kesehatan Bayi” ini kita bisa asumsikan bahwa orang yang mengetikkan kata ini di search engine kemungkinan besar sedang mempelajari atau mengalami kesulitan tentang perawatan kesehatan bayi.

Pengertian micro niche atau sub niche

Adalah suatu niche yang lebih spesifik lagi dengan target pembaca/pengunjung yang lebih sempit lagi. Misalnya untuk niche “kesehatan bayi”, micro niche atau sub niche-nya bisa “tips kesehatan bayi tahun pertama” atau “makanan untuk kesehatan bayi” dan lain-lain.

Pengertian niche blog

Adalah blog dengan niche khusus yang membahas tentang suatu masalah tertentu yang akan menarik satu pihak atau banyak pihak tertentu untuk melakukan suatu jalinan kerjasama yang bisa bersifat profit oriented ataupun hanya sekedar social oriented dengan lebih interaktif. Niche blog lebih disukai daripada niche situs karena lebih dinamis, interaktif dan sering diperbaharui, sedangkan niche situs lebih statis.

Pengertian niche market

Adalah suatu niche yang mempunyai target pasar tertentu. Jadi, niche dimanfaatkan untuk menarik minat pembeli dan umumnya profit oriented.

Manfaat Niche

Ada banyak sekali niche dan sub niche yang bisa menawarkan keuntungan. Mempunyai pengertian yang jelas tentang niche adalah pondasi yang dapat digunakan untuk membangun bisnis internet. Tanpa informasi ini internet marketer bisa menghabiskan waktu tanpa menghasilkan apa-apa. Suatu situs maupun blog harusnya mencakup satu atau lebih niche, namun makin sedikit lebih baik. Karena menguangkan (monetasi) blog atau situs dimulai dari memilih niche yang baik, yang akan dibahas di tulisan selanjutnya mengenai tips memilih niche.

Dengan mengetahui pengertian niche dan cara memilih niche yang baik kita akan lebih mudah melakukan langkah monetasi blog atau situs kita, karena target pasar kita menjadi lebih jelas dan spesifik.

TENTANG DAN SEPUTAR PENGERTIAN NICHE DAN NICHE BLOG 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'TENTANG DAN SEPUTAR PENGERTIAN NICHE DAN NICHE BLOG' On ...

Ditulis oleh: Unknown -

1 Komentar untuk "TENTANG DAN SEPUTAR PENGERTIAN NICHE DAN NICHE BLOG"

  1. Salam, terima kasih banyak atas penjelasannya, pasti akan bermanfaat, terutama buat saya yang newbie ini.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar secara sopan, jangan melakukan spam pasti akan terhapus secara otomatis