DUNIA BLOG : TENTANG ALGORITMA GOOGLE PENGUIN

Dunia Blog 888DUNIA BLOG kali ini akan sedikit membahas Algoritma Google Penguin, sebuah algoritma baru yang diluncurkan oleh Google. DUNIA BLOG menganggap bahwa Algoritma Google Penguin ini wajib untuk kita ketahui, karena algoritma ini akan menyapu bersih praktek-praktek webspam dan black hat SEO dari peringkat atas hasil pencarian Google.

Algoritma Google Penguin ini telah diluncurkan per tanggal 24 April 2012, dan sampai saat ini telah banyak memakan korban dan begitu menggemparkan di dunia per-blogging-an. Untunglah web DUNIA BLOG ini tidak terkena amukan Google Penguin ini. Ciri-ciri sebuah web yang terkena tendangannya adalah menurunnya jumlah visitor secara drastis dan bisa jadi akan menghilang dari peringkat elit halaman pertama hasil pencarian Google. Nah runyam khan .... ?

Berikut ini adalah langkah-langkah bijaksana yang dapat kita lakukan untuk menghindari amukan Algoritma Google Penguin tersebut  :

1. Lakukan Evaluasi dan Perbaikan blog
Evaluasi dan perbaikan blog ini mutlak diperlukan agar blog/web yang kita miliki dapat selamat dari amukan si Google Penguin. Berikut ini adalah pengalaman salah seorang sahabat blogger yang terkena amukan si Google Penguin  :


Dari uraian pengalaman tersebut di atas nyatalah bahwa Google Penguin sangat tidak menyukai adanya duplicate content pada keseluruhan content blog. Seandainya blog anda mengalami hal yang demikian, segeralah untuk melakukan perbaikan.

2. Buatlah artikel yang berbeda dengan artikel-artikel lainnya
Langkah ini mensyaratkan kepada kita untuk menghindari praktek-praktek copy-paste artikel milik orang lain. Seandainya toh kita ingin membuat artikel yang berthema sama dengan artikel milik blog lain tersebut, maka usahakan penulisannya berbeda, walaupun alur pemikirannya sama. Satu hal lagi, kalau toh terpaksa anda melakukan copy-paste maka hendaklah anda mencantumkan link sumbernya secara benar dan proporsional.

3. Hindari pemakaian atau praktek-praktek Black Hat SEO
Praktek-praktek black hat SEO ini sangat-sangat tidak disukai oleh Google Penguin, peribahasa lama berlaku juga di sini, yaitu serapat apapun kita menutupi praktek-praktek kotor kita, pada saatnya nanti pasti akan terbuka juga.

4. Hindari optimasi blog yang terlalu berlebihan (over-optimation)
Sesuatu hal yang kita lakukan secara berlebihan pasti akan berdampak buruk, demikian juga halnya dengan optimasi blog. Lakukan optimasi blog ini secara sistematis dan proporsional, misalnya : pemasangan meta-tag SEO friendly, pemasangan Navigasi Breadcrumb, pemasangan Navigasi Permalink, optimasi gambar yang ada di posting blog dan pemasang script untuk mengganti judul blog dengan judul postingan. Cukuplah ini, dan jangan terlalu berlebihan.

5. Carilah backlink yang alami dan berkualitas
Dengan diberlakukannya algoritma Google Penguin ini, maka pencarian backlink haruslah alami serta berkualitas dan tentu saja bukan kuantitas. Percuma saja kita memiliki backlink dalam jumlah yang banyak namun backlink tersebut jauh dari apa yang disebut berkualitas. Sejalan dengan hal tersebut, maka mendapat backlink dari blog-blog yang dofollow hendaknya menjadi prioritas kita dalam upaya mendapatkan backlink blog.


Saya rasa cukup sampai di sini dahulu uraian tentang Algoritma Google Penguin ini, semoga dapat bermanfaat.

DUNIA BLOG : TENTANG ALGORITMA GOOGLE PENGUIN 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'DUNIA BLOG : TENTANG ALGORITMA GOOGLE PENGUIN' On ...

Ditulis oleh: Unknown -

2 komentar untuk "DUNIA BLOG : TENTANG ALGORITMA GOOGLE PENGUIN"

Silahkan meninggalkan komentar secara sopan, jangan melakukan spam pasti akan terhapus secara otomatis