DUNIA BLOG : MENAIKKAN ALEXA RANK

DUNIA BLOG kali ini akan berbagi saran untuk menaikkan Alexa rank blog, hal mana menurut anggapan DUNIA BLOG proses menaikkan Alexa rank ini termasuk suatu kegiatan penting dalam dunia blogging. Memiliki Alexa rank dengan peringkat yang bagus adalah merupakan keinginan atau idaman semua blogger atau webmaster (pemilik web/blog).

Sebelum kita menginjak kepada permasalahan yang sebenarnya, baiklah kita ulas terlebih dahulu, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi naik-turunnya peringkat Alexa ini. 

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat Alexa ini adalah : Alexa Traffic (reach) dan Alexa Pageviews.  

Alexa Traffic berkaitan dengan total jumlah pengunjung/visitor blog kita yang tercatat di dalam server Alexa, tetapi jumlah pengunjung yang tercatat tidak sepenuhnya sama dengan pengunjung yang secara real (nyata) telah mengunjungi blog kita. Artinya apa ? Artinya, metode pencatatan traffic yang diterapkan oleh Alexa pasti tidak akan menghasilkan jumlah yang sama dengan pengunjung real atau murni blog kita (berdasarkan indikator yang lain semacam Feedjit, Histats, Whos-amung-us, Visitor counter dll), karena Alexa memiliki cara tersendiri untuk menentukan serta menghitung pengunjung (visitor) sebuah website/blog melalui Alexa toolbar maupun Alexa widget. Artinya apa ? Pengunjung yang tidak memiliki Alexa toolbar pada browsernya ataupun pengunjung melalui sebuah blog yang tidak memasang Alexa widget, kemungkinan besar tidak akan diperhitungkan sebagai pengunjung blog oleh Alexa. Tetapi mungkin juga akan dipertimbangkan sebagai unique-visitor.

Alexa Pageviews yang berkaitan dengan rata-rata jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung (visitor) website/blog, tentunya hal ini tetap berkaitan dengan pengunjung (visitor) yang tercatat di dalam server Alexa melalui Alexa Toolbar ataupun Alexa Widget. Seorang pengunjung (visitor) yang berkali-kali mengunjungi satu Url halaman website/blog yang sama akan tetap dihitung sebagai satu kali pageviews oleh Alexa. Sebaliknya, bilamana pengunjung yang datang membuka dua Url halaman yang berbeda, maka hal ini akan dihitung sebagai 2 (dua) kali pageviews.

Berangkat dari titik tolak dua indikator penilaian Alexa rank tersebut di atas, maka ijinkanlah saya untuk memberikan beberapa saran yang dapat dipergunakan untuk menaikkan peringkat Alexa ini  :

1. Pasanglah Alexa Toolbar pada browser internet anda, dan jangan lupa untuk memasang Widget Alexa pada website/blog anda.

2. Tulislah minimal 2 (dua) artikel tentang Alexa rank dengan segala seluk beluknya, dan akan menjadi lebih baik bilamana anda dapat menuliskan lebih dari jumlah tersebut.

3. Kembangkan sikap untuk selalu berusaha menjaga originalitas artikel-artikel blog yang anda miliki artinya jangan mudah untuk melakukan tindakan copy-paste artikel blog/web lain, dan bilamana terpaksa untuk copy-paste, jangan lupa untuk meletakkan link asalnya.

4. Up-date artikel anda secara berkala dan teratur, dengan selalu mengupdate artikel, berarti kita memiliki jumlah postingan blog yang banyak dan variatif sifatnya, sehingga dengan demikian diharapkan pageviews blog kita akan meningkat.

5. Sering-seringlah melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar pada blog-blog lain yang dofollow sifatnya, hal ini dilakukan dengan harapan akan mendapatkan kunjungan balik, sehingga traffic blog kita akan meningkat.

6. Manfaatkan situs-situs iklan baik yang gratis atau berbayar untuk mempromosikan artikel-artikel blog yang anda miliki, jangan lupa pula untuk mensubmit artikel-artikel anda ke social-bookmark semacam lintas.me, facebook, google + atau yang lainnya.

Kiranya cukup sampai di sini dulu tulisan saya ini, semoga bermanfaat.

DUNIA BLOG : MENAIKKAN ALEXA RANK 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'DUNIA BLOG : MENAIKKAN ALEXA RANK' On ...

Ditulis oleh: Unknown -

9 komentar untuk "DUNIA BLOG : MENAIKKAN ALEXA RANK"

  1. Informasi mantap mas bro, lanjutkan, tetap semangat dan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik, khusus tentang Alexa rank, terima kasih telah sudi berbagi

    BalasHapus
  3. Jelas banget artikelnya . Jadi kita harus memasang alexa widget pada halaman web agar ranking alexa kita meningkat . trus apa sie keuntungganya kalau ranking alexa kita bagus ?

    BalasHapus
  4. thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

    BalasHapus
  5. thanks
    visit --> http://adityaindrapratama.blogspot.com

    BalasHapus
  6. nice share, terima kasih udah berbagi sob...

    BalasHapus
  7. terimakasih gan atas infonya salam kenalyah gan
    numpang promosinya yah gan
    rajalistrik.com, the biggest technical industrial online shop, menawarkan lebih dari 200.000 item produk dari kurang lebih 200 merek, baik lokal maupun global.http://rajalistrik.com/

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar secara sopan, jangan melakukan spam pasti akan terhapus secara otomatis