FORMAT YANG TERBUKTI MAMPU MENGALAHKAN FACEBOOK

DUNIA BLOG kali ini ingin berbagi informasi tentang sebuah Format yang terbukti mampu mengalahkan facebook. Istilah format di sini sebenarnya lebih menjurus ke arah sebuah 'konsep' atau sebuah 'metode' yang telah diaplikasikan dalam praktek dunia internet, khususnya untuk sebuah situs jejaring sosial.

Salah satu situs jejaring sosial yang terkenal dan paling banyak diminati adalah situs jejaring sosial Facebook. Sejak Facebook mampu mengalahkan Google di kandangnya sendiri (US), dunia seolah hampir tak percaya. Bagaimana mungkin si raksasa Google bisa dikalahkan dalam hal unique visitornya oleh sebuah situs buatan 'anak baru kemarin' alias orang biasa ?

Ya, Facebook memang telah menjadi sebuah fakta di bunia internet (khusus media jejaring sosial) yang tidak terbantahkan. Terlepas dari masalah privacy dan lain-lain, Facebook terus melaju mantap dengan target untuk mengalahkan Google di tingkat dunia (dalam kaitannya dengan jumlah pemakai baru).

Namun secara diam-diam, di belahan dunia lain yang cukup terpisah dari hiruk pikuk internet global yang didominasi 'big player' (pemain besar semacam Google dan Yahoo), ternyata ada satu situs yang dari sisi kualitas yang lain mampu mengalahkan Facebook. Tencent adalah situs jejaring sosial ala China yang berbeda format (konsep atau metode) dengan Facebook. Kalau Baidu menempuh konsep yang mirip Google dan cenderung 'copy-paste' konsep, maka Tencent mampu tampil beda dari pesaingnya di sektor 'social network' (jejaring sosial) ini.

Kalau Facebook memiliki konsep jejaring sosial pertemanan yang riil maka Tencent berisi jaringan sosial virtual. Di situs ini (Tencent) orang didorong untuk membuat karakter virtual dirinya sendiri dan berinteraksi untuk akhirnya memperjualbelikan barang-barang virtual di dunia maya (internet). Barang virtual seperti games, hewan peliharaan virtual, dan ring tone. Tencent pada dasarnya adalah situs yang mendistribusikan program pengirim pesan instant (instant messenger), namun telah berkembang menjadi komunitas besar berbahasa China yang memiliki jumlah aktive usernya lebih besar daripada Facebook. (Data tahun 2010 : Facebook memiliki visitor 519juta, sedang Tencent memiliki active user 523juta orang).

Dunia Blog

Satu pelajaran positif yang dapat kita ambil dari fakta atau kenyataan ini, yaitu : mempertahankan budaya dan atau tradisi bangsa sendiri sebagai wujud tingginya rasa nasionalisme ternyata mampu mengalahkan format atau konsep Facebook sebagai suatu sarana untuk membina serta menjalin upaya komunikasi antar sesama anak bangsa lewat dunia maya (situs jejaring sosial).

Satu sarana untuk introspeksi diri serta membangkitkan motivasi adalah pertanyaan berikut : "Bagaimana dengan negara kita tercinta ini ? Adakah insan-insan bangsa Indonesia yang berani dan atau mampu mempraktekkan atau mengaplikasikan suatu 'format/konsep Indonesia asli' dalam sebuah media jejaring sosial ?" Mampukah kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri ?

Sumber aspirasi : http://tech19.wordpress.com/2010/06/08/konsep-yang-terbukti-mampu-mengalahkan-facebook/

FORMAT YANG TERBUKTI MAMPU MENGALAHKAN FACEBOOK 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'FORMAT YANG TERBUKTI MAMPU MENGALAHKAN FACEBOOK ' On ...

Ditulis oleh: Unknown -

3 komentar untuk "FORMAT YANG TERBUKTI MAMPU MENGALAHKAN FACEBOOK "

  1. Masalah mencari format yang bagus untuk dapat diaplikasikan di dunia komunikasi sosial khususnya di Indonesia ini masing gampang-gampang susah, pasalnya masyarakat Indonesia sendiri yang terkesan angin-anginan, mereka belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk mempertahankan segala sesuatu yang berbau produk domestik, rata-rata masyarakat Indonesia masih bangga mempergunakan produk-produk bangsa lain.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah juga sih .... mencari format yang sesuai dengan minat masyarakat Indonesia itu memang sulit.

      Hapus
  2. Sebenarnya, membuat konsep itu tidak terlalu sulit, yang manjadi permasalahannya adalah seberapa kuat strategi promosi dan pemasarannya ....

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar secara sopan, jangan melakukan spam pasti akan terhapus secara otomatis